Bahaya Stres Pada Ibu Hamil

bahaya ibu hamil stresStres dimasa kehamilan bisa berpengaruh buruk pada janin.Tak hanya itu, stres pada wanita hamil juga bisa menyebabkan komplikasi kehamilan yang serius. Stres merupakan kondisi emosional individu yang dapat mempengaruhi fungsi normal organ tubuh, seperti meningkatnya denyut jantung, rasa lelah yang berlebihan, sakit kepala, susah tidur, gangguan saluran pencernaan, gangguan saluran kemih dan lain-lain.

Adanya janin di dalam rahim inilah yang akhirnya membuat si ibu menjadi stres, maka secara otomatis stres akan mempengaruhi emosi sang ibu.
Posisi janin yang berada didalam rahim dapat merespon apa yang sedang dialami oleh si ibu, termasuk stres yang ibu alami.

Itulah sebabnya kenapa seorang ibu dituntut untuk tidak hanya siap secara fisik, tetapi juga harus siap secara mental. Berdasarkan penelitian, stres pada masa kehamilan akan berdampak buruk pada janinnya. Misalnya, keguguran bila stres terjadi pada usia kehamilan di triwulan pertama atau keterlambatan pertumbuhan janin dalam rahim dan prematur atau lahir dengan janin kurang bulan bila terjdai pada trimester kedua dan ketiga.

Stres sering terjadi pada ibu hamil, baik yang diketahui atau pun yang tidak diketahui sebabnya. Namun biasanya, stres di picu oleh beberapa sebab, seperti keluhan mual, muntah, pusing, sering buang air, sakit pinggang dan sebab lainnya yang umumnya dikeluhkan wanita hamil.

Hanya saja derajat dan manifestasi klinisnya tidak sama antara ibu hamil satu dengan ibu hamil lainnya. Pada keadaan hamil status emosional ibu cenderung labil, sehingga gampang sekali stres. Dengan demikian, stres akan berakibat keluarnya hormon yang dapat mempengaruhi sistem organ tubuh. Apa bila pengaruh emosi si ibu ini tidak di dukung oleh lingkungan keluarga yang harmonis atau lingkungan tempat tinggal yang kondusif, maka stres pun akan bertambah berat.

Untuk mencegah dan menghilangkan stres pada ibu hamil, disarankan ibu makan secara teratur dengan zat gizi cukup serta asupan air minum yang cukup. Selain itu istirahat yang cukup sesuai kebutuhan antara 7-9 jam sehari dan rutin konsultasi pada dokter kandungan.

Sumber : http://winardi-andalas-putro.blogspot.com/2009/03/bahaya-stres-pada-ibu-hamil.html

bisnis yang bisa diwariskan

One comment

Leave a Reply