Khasiat Temu Kunci

temu kunciNamanya tak sepopuler rimpang lain. Selama ini orang menggunakannya terbatas penyedap sayur bening, padahal temu kunci juga mempunyai fungsi menyembuhkan penyakit.

Penelitian temu kunci terhitung masih sedikit dibanding temu lainnya. Wahjo Dyatmiko, dosen farmasi di Universitas Erlangga, adalah salah satu satu orang yang telah melakukan penelitian pada temu kunci. Hasilnya ditemukan bahwa di dalam kunci terkandung pinostrobin dan pinocembrine, yang dikenal sebagai obat anti kanker. Di Indonesia kunci banyak digunakan sebagai obat masuk angin, sariawan dan luka di dalam tubuh, batuk, gatal-gatal, radang indung telur, panas dalam, tipus dan keputihan.

Khasiat kunci dalam menyembuhkan luka dalam, seperti sariawan dan tipus, malah mengalahkan obat cina. Didalam rimpang ini terkandung minyak atsiri yang terdiri dari kamfer, sineol, metil sinamat dan hidromirsen. Selain itu ada kandungan kimi lainnya seperti kurkimin, zedoarin, damar, pati, saponin, slavonoid, pinostrolerin serta alipinertrin. Temu kunci menpunyai beberapa sifat antara lain beraroma khas, mendingingkan dan membersihkan darah.

Diantara khasiat temu kunci adalah untuk mengobati beberapa penyakit berikut ini:

Diare pada bayi

Ambil 1 rimpang kunci yang besar, cuci bersih. Bakar (digarang) di atas api kecil, tumbuk halus. Oleskan pada perut bayi lalu ikat perutnya denagn popok. Dapat dilakukan selama 3 hari.

Sariawan dan panas dalam

Ambil 3 jari rimpang kunci, 1genggam daun saga segar,  1 rimpang kunyit, 3 gelas air. Kupas kunci dan kunyit, iris tipis-tipis, rebus bersama daun saga hingga tinggal 2 gelas. Saring, minum pagi dan malam setelah makan.

Tipus

Ambil 3 jari kunci, 1 genggam daun saga segar, 1 jari kunyit, kuning telur ayam kampung, 1 sendok makan madu, ¼ gelas air matang. Kupas kunci dan kunyit, cuci, tumbuk halus bersama daun saga. Tambahkan ¼ gelas air matang, saring, campur dengan kuning telur ayam kampung dan madu. Minum sehari sekali setelah makan.

Keputihan

Ambil 10 gram kunci, 5 gram kunyit, 5 gram temulawak, 15 gram sambiloto kering. Kupas kunci, kunyit dan temulawak, iris tipis-tipis. Rebus semua bahan dengan 1 liter air, hingga tinggal separuh, saring, minum 2 kali sehari setelah makan.

bisnis yang bisa diwariskan

Leave a Reply